Selasa, 14 Agustus 2012

Sejarah Perang Dunia 2

          Sejarah Perang Dunia 2



Sejarah Perang Dunia 2, perang terdahsyat dalam sejarah, meletus pada tahun 1939 ketika tank dan pesawat pembom Jerman menyerang Polandia. Seperti perang Dunia 1, Perang Dunia 2 juga merupakan perang dunia di darat, laut, dan udara. Perang ini pecah karena Partai Sosialis Nasional Jerman (Nazi) yang dipimpin Adolf Hitler makin berkuasa. Nazi ingin melupakan kekalahan Jerman pada Perang Dunia 1. Atas bantuan Italia, dalam setahun Jerman telah menduduki sebagian besar Eropa. Hanya Inggris yang melawan mereka. Tahun 1941 Hitler menyerbu Uni Soviet. Tapi rakyat Soviet melawan dengan gigih dan jutaan orang tewas. Di Pasifik, Jepang serta Jerman dan Italia bergabung dalam Poros. Amerika Serikat (AS) terlibat dalam perang karena Jepang membom pangkalan udara lautnya di Pearl Harbour, Hawaii. Maka AS, Uni Soviet, dan Inggris membentuk sekutu. Tahun 1945, Nazi kalah melawan sekutu di Eropa, dan Jepang menyerah pada bulan Agustus di Pasifik. Akibat perang, 45 juta korban tewas dan sebagian besar Eropa menjadi pusing. Lalu mulailah politik dunia dikuasai dua negara adikuasa baru, AS dan Uni Soviet.

HITLER

Adolf Hitler,

 Perang Dunia 2 menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia 1.Ada yang menyatakan bahwa Perang Dunia 2 merupakan lanjutan Perang Dunia 1.Perang Dunia 1 merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena di permalukan dalam kekalahannya ketika kalah perang pada Tahun 1870-1871.Selain itu dalam masalah Industri,Jerman juga bersaing dengan Inggris.Dengan Persaingan-Persaingan itu maka terbentuk lah Perskutuan Militer (Aliansi).Ada dua Perskutuan,yakni "Triple Alliantie".yang kemudian di kenal dengan "Blok Sentral" yang terdiri atas Jerman,Austria dan Italia.Sedangkan Triple Entente yang kemudia di kenal dengan "Blok Sekutu" yang terdiri atas Perancis,Inggris,Rusia.

 Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan Perang kepada Rusia dan disusul Perancis mengumumkan Perang kepada Jerman tanggal 3 Agustus 1914.Kemudian pada tanggal 4 Agustus 1914,Inggris mengumumkan Perang kepada Jerman.Selanjutnya,berkecamuklah Perang yang hampi melibatkan seluruh dunia dikenal dengan Perang Dunia 1.

 Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada Tanggal 11 November 1918.Sebagai pihak yang Kalah,Jerman harus membayar ganti rugi kepada Sekutu dengan dikuatkan dalam "Perjanjian Versailles" pada tahun 1919.Kekalahan Jerman dengan telak ini memberi kesempatan kepada "Adolf Hitler" membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis.Adolf Hitler pemimpin Partai Nazi, menguasai Jerman. Nazi menganut fasisme,menentang komunisme.Pada Tahun 1993.


*Sebab-sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 2*

 Penyebab umum terjadinya Perang Dunia 2 sebagai Berikut :

1.Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

 Liga Bangsa-Bangsa menciptakan Perdamaian Dunia.LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan,tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan.LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya,misalnya pada Tahun 1935 Italia melakukan Serangan terhadap Ethiopia

2.Adanya Politik Aliansi (Mencari Kawan Persekutuan)

 Kekhawatiran akan adanya Perang besar,maka Negara-Negara mencari kawan dan muncullah Dua Blok besar,Yakni :
1.Blok Fasis

 Blok Fasis terdiri dari Jerman,Italia,Jepang.

2.Blok Sekutu

 Blok Sekutu terdiri atas:
a) Blok Demokrasi yaitu Perancis,Inggris,Amerika Serikat,dan Belanda.
b)Blok Komunis yaitu Rusia,Polandia,Hongaria,Bulgaria,Yugoslavia,Rumania,Cekoslovakia

3.Adanya Politik Balas Dendam (Revanche Idea)

 Jerman terhadap Perancis,Karena Jerman merasa Dihina dengan Perjanjian Versailles.

4.Adanya Pertentangan-Pertentangan Akibat Ekspansi

 Jerman mengumumkan "Lebensraum"nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea,serta Jepang mengumumkan Kemakmuran bersama di Asia Timur Raya.Ini berarti merupakan tantangan terhadap Imperialisme Inggris,Perancis,dan Amerika Serikat.


Pihak-Pihak Yang Berperang Dalam Perang Dunia 2


1.Medan Eropa

 Pada Tanggal 1 september 1939,Jerman menyerang Polandia.Inggris dan Perancis mengumumkan Perang kepada Jerman.Inilah sebagai awal meletusnya Perang Dunia 2.

 Pada Tanggal 9 April 1940,Jerman melakukan serangan ke Utara yakni ke Denmark dan Norwergia.Kedua negara ini dapar diduduki Jerman.Pada bulan Mei 1940 Belanda dapat diduduki oleh Jerman sehingga Ratu Wilhelmina mengungsi ke Inggris.Pada Tanggal 10 Juni 1940 Italia mengumumkan Perang kepada Perancis dan Inggris,dilanjutkan menyerbu Perancis.Pada bulan 1940 pasukan Jerman bergerak Menuju Perancis dan dapat mendudukinya.Tentara Perancis di bawah pimpinan Charles de Gaulle mengungsi ke Inggris.

 Pada Tanggal 22 Juni 1941 dengan bantuan Finlandia dan Rumania,Jerman menyerbu Rusia.

2.Medan Asia Pasifik

 Perang di Medan Asia Pasifik diawali dengan penyerbuan Pangkalan Armada Angkata Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour,Hawai Pada Tanggal 7 Desember 1941 oleh Jepang.Dalam serangan Jepang pada Tanggal 7 Desember 1941 menewaskan kurang lebih 2.330 tentara Amerika Serikat dan 100 Orang sipil di samping menghancurkan Peralatan Perang Amerika Serikat.Jepang menyatakan Perang terhadap Amerika serikat dan Sekutu-Sekutunya.Serbuan Jepang dilanjutkan ke negara-negara di Asia Tenggara dengan menduduki Muangthai,Birma (Myanmar),Malaysia,dan Hindia Belanda (Nama Indonesia waktu itu).

 Untuk membalas Serangan-serangan Jepang.Sekutu menyusun taktik serangan dari pulau satu ke pulau lain atau sistem katak loncat.Strategi ini dipimpin oleh Jenderal Dauglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz.Tentara Jepang di Laut Karang dan Midway (1 Mei 1942) dihancurkan oleh Sekutu.

 Dalam pertempuran-pertempuran berikutnya Amerika Serikat dapet merebut Filiphina (22 Oktober 1944),Iwo Jima (17 Maret 1945),Okinawa (21 Juni 1945).Kemudian,Inggris di bawah Lord Louis Mauntbatten menyerbu Birma (Myanmar) dan menghancurkan Tentara Jepang (30 April 1945).Dari Saipan dan Okinawa menyerah.Akhirnya,pada Tanggal 6 Agustus 1945 Hiroshima di Jatuhi Bom Atom dilanjutkan Tanggal 9 Agustus 1945 di Nagasaki.

 Jepang Menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada Tanggal 14 Agustus 1945 (secara resmi 2 September 1945 di atas kapal Missouri di Teluk Tokio).

 Setelah Perang Dunia 2 berakhir maka diadakanlah perjanjian-perjanjian perdamaian antara pihak pemenang dan yang kalah.Perjanjian-Perjanjian itu antara lain Konferensi Postdam (2 Agustus 1945) dan Perjanjian San Fransisco (8 September 1951).


*Konferensi Postdam (2 Agustus 1945)*

Konferensi ini diadakan antara sekutu dengan Jerman yang dihadiri oleh Thruman,Stalin,dan Attlee.Konferensi ini menghasilkan keputusan sebagai berikut :

1. Jerman di bagi 4 daerah penduduknya yakni bagian Timur oleh Rusia,bagian barat oleh Amerika Serikat,Inggris,dan Perancis.Kota Berlin yang terletak di Tengah-tengah penduduk Rusia,dibagi 4 bagian yakni Berlin barat (Amerika Serikat,Inggris,Perancis),Berlin Timur (Rusia).

2.Angkatan Perang Jerman harus di kurangi jumlah tentara dan peralatan militernya (Demiliterisasi).

3.Penjahat Perang,yakni Tokoh-tokoh NAZI harus di hukum di bawah pengawasan Internasional.

4.Jerman harus membayar kerugian Perang kepada Sekutu.


*Perjanjian San Fransisco (8 September 1951)*

 Perjanjian ini diadakan antara sekutu dengan Jepang pada Tahun 1945 dan dibuat di Jepang.Pada mulanya perjanjian ini bersifat sementara.Kemudian Perjanjian San Fransisco disahkan pada tanggal 8 September 1951.Rusia tidak ikut menandatangani perjanjian ini sehingga tidak mengetahui nya.Perjanjian ini Berisi :

1.Jepang harus membayar kerugian Perang kepada Sekutu
2.Tokoh-Tokoh Fasis diadili sebagai penjahat Perang dan harus di hukum di bawah Pengawasan Internasional.
3.Kepulauan Jepang di bawah Pengawasan Amerika Serikat.

   




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar